Browse > Kolom Prestasi > SMKN 1 Temanggung Juara Students Food Creativity Competition 2013

SMKN 1 Temanggung Juara Students Food Creativity Competition 2013

Dalam rangka memperingati hari pangan dunia, Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR-Stembatema) mengikuti ajang bergengsi dalam Student's Food Creativity Competition 2013 yang diselenggarana di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara ini ditujukan untuk membangkitkan minat dan berkreasi dalam penganekaragaman pangan lokal untuk mengurangi ketergantungan akan terigu dan beras di Indonesia.

Lomba ini diikuti oleh 53 kelompok KIR SMA/SMK/MA dari beberapa daerah yang melewabi beberapa tahap lomba. Diantaranya adalah seleksi judul, makalah dan poster yang dikirimkan ke UNS, dan seleksi 10 besar kelompok SFCC yang berhak mempresentasikan hasilnya di depan Juri Lomba. Dalam kegaiatn SFCC ini Stemba mengirimkan 3 kelompok KIR dengan tema masing masing, yaitu (1) mengangkat tentang prospek Ganyong, (2) Mengangkat tentang prospek Koro Pedang, dan (3) Mengangkat tentang umbi Uwi. Dai 3 kelompok yang mendaftar tersebut akhirnya ada 2 kelompok dari Stemba yang masuk 10 besar yaitu kelompok Siti Hudaiyah, Isnawati dan Adi Nugroho yang mengangkat tema dengan Judul Developing Alternative Protein of Jackbeans (Canavalia ensifomis) into Ranokazi (Rainbow Noodle Kaya Gizi) dan Kelompok Santyas dan Feri yang mengangkat tentang An Alternative increasing of Uwi Image (Deoscorea sp) into Local Pizza Pie and Instant Rice Simulation to Support Nationla Food Security.

Alhamdulillah kelompok KIR Stemba mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil risetnya didepan Juri, kami akan berusaha seoptimal mungkin meski pada minggi ini siswa tersebut terbagi pikirannya karena sedang dilaksanakan mid semester. Untuk mempersiapkan final tersebut kami harus berbagi tugas, dimana ada yang mengerjakan pengolahan produk, pelabelan, latihan presentasi dengan bahasa inggris dan persiapan penyajian produk saat nanti presentasi didepan Juri" Tegas Bpk. Panji sebagai pendamping KIR.

Begitu pula Ibu Tutik Setiyani dan Ibu Siti Nur Azizah menyampaikan bahwa meski dalam ajang ini tidak diharuskan menggunakan bahassa inggris, tapi Stemba akan mencoba tampil dengan bahasa inggris baik portofolio, makalah dan presentasi. Kenapa bahasa inggris ?? Karena sebagian besar sumber pendukung larya tulis adalah jurnal-jurnal science berbahasa inggris. Dengan menggunakan jurnal sebagai acuan dalam karya tulis diharapkan tidak terjadi salah sunting sumber, karena sumber yang diambil adalah sumber yang bisa dipercaya.

Kegiatan presentasi dilaksanakan di Gedung Utama Universitas sebelas Maret Surakarta, dengan 3 juri dari Dosen UNS. Detik pengundian presentasi telah dilaksanakan, dan Stemba mendapatkan undian 1 dan 10 dalam mempresentasikan risetnya. Alhamdulillah kedua kelompok perwakilan Stemba mampu memikat Juri dengan bagasa inggris yang bagus dan penampilan yang baik. Begitu lupa dengan kelompok lomba lainnya, juga mampu memukai juri, karena mereka menyatakan kagum anak-anak SMA/SMK/MA sudah mulai terasah kreativitasnya.

Alkhirnya pengumuman kejuaraan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB dimana Stemba meraih juara 1 dan Harapan 2. Juara 3 besar diraih oleh SMKN 1 Temanggung dengan title : Developing Alternative Protein of Jackbeans (Canavalia ensifomis) into Ranokazi (Rainbow Noodle Kaya Gizi), Juara 2 dari SMA Negeri 4 Surakarta dengan Title : Mengeksplorasi Biji Ketapang (Terminalia cattapa L) dalam bentuk Nougat Bipang sebagai Alternatif Penagnekaragaman Pangan Lokal dan Juara 3 dari SMA 1 Jakenan denga Title : Sujiwa (Susu Biji Waluh).

Setelah acara selesai diluar lomba, panitia SFCC dan Juri dari Dosen UNS menyatakan kekagunan siswa-siswi SMKN 1 Temanggung yang memiliki kreativitas tinggi dan didukung oleh bahasa inggris yang sangat baik. Dalam hati, kami selaku pendamping juga turut senang akan hal itu. Meski Stemba tidak lagi menyandang RSBI, namun pengetahuan anak harus luas, dan pengetahuan luas dapat terakselesasi dengan cepat jika anak menguasai bahasa inggris. Hal ini pernah ditegaskan oleh Bpk. Purwono selaku kepala sekolah yang menyampaikan bahwa "Jika ingin menaklukkan dunia, kuasai bahasa". Dengan menguasai bahasa maka pengetahuan semakin luas, ilmu bertambah dan kompetensi siswa semakin terstandar secara internasional. Bravo Stemba 'Red : Panji'

 

 


Diposting pada: 2013-10-28, oleh : Admin, Kategori: Kolom Prestasi
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa http:// contoh www.rubrik.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas